B.I Hengkang, Manajemen iKON Bantah Kasus Lamanya

bi ikon
B.I Hengkang, Manajemen iKON Bantah Kasus Lamanya

Kabar mengejutkan bagi para iKonic, penggemar boyband iKON, dan menimbulkan teka-teki bagi masa depan iKON. YG Entertainment mengumumkan bahwa Kim Hanbin atau B.I mengundurkan diri dari grup itu.

Selama ini B.I adalah leader boyband itu, jadi kemundurannya akan sangat berpengaruh. Apalagi dia juga berperan sebagai pencipta dan produser lagu-lagu iKON.

“Halo, kami YG Entertainment. Kami meminta maaf kepada setiap orang yang dikecewakan oleh persoalan pribadi artis YG Kim Hanbin,” kata agensi tersebut dalam pernyataan resminya, Rabu 12 Juni 2019.

B.I iKON, lanjut YG, merasa bertanggung jawab atas semua peristiwa yang telah dia lakukan. YG mengklain telah mengambil tindakan tegas tentang itu.

“Sudah diputuskan bahwa Hanbin akan mundur dari iKON dan kontraknya dengan YG Entertainment diakhiri,” jelas Agensi itu.

Kasus Tiga Tahun Yang Lalu
Kemunduran B.I dipicu oleh pengungkapan kasus narkoba yang menimpa dirinya tiga tahun yang lalu. Kasus itu diangkat lagi oleh media hiburan Korea Selatan, Dispatch pada Rabu, 12 Juni 2019.

Media yang kerap mengungkap skandal kalangan atas Korea itu memberitakan B.I membeli LSD (Lysergic acid diethylamide) dari seseorang berinisial ‘A’ pada 2016 lewat pesan Kakao Talk. Selain itu, juga terdapat kopi percakapan antara mereka.

Percakapan tersebut didapatkan dari telepon selular milik ‘A’ saat ditangkap pada Agustus 2016. ‘A’ mengakui telah mengirim 10 buah LSD ke B.I di luar asrama iKON.

Penangkapan ‘A’ berkembang pada penangkapan pengedar yang lain berinisial ‘C’. Parahnya, ‘C’ juga mengakui kalau dia juga memasok narkoba pada B.I.

Dispatch menggarisbawahi kalau polisi tidak pernah berusaha memanggil atau menuntut B.I. Itu yang dianggap janggal oleh Dispatch.

Mulanya YG Membantah
Sontak, YG Entertainment, selaku agensi iKON, membantah berita itu. Agensi itu selalu melakukan tes narkoba pada artis-artisnya dua bulan sekali dan meyakinkan B.I selalu bersih.

Anehnya, beberapa jam kemudian B.I malah mengakui pernah melakukan tindakan tidak terpuji, tanpa merinci seperti apa tindakan itu. Dan, yang sangat mengejutkan, pencipta lagu Love Scenario itu mengumumkan mundur dari iKON lewat akun Instagramnya.

B.I telah berperan banyak bagi iKON. Tangan dinginnya menciptakan Love Scenario membuat boyband itu merajai K-pop sepanjang 2018 dan meraih penghargaan “Song of the Year” di sejumlah acara penghargaan musik. Namun pihak agensi harus mengambil keputusan tegas.

“YG menyadari bahwa kami perlu bertanggung jawab atas artis-artis kami. Kami meminta maaf sekali lagi karena sudah menimbulkan masalah,” kata agensi itu.